Wisata Edukasi Seru di Pulau Penyu Tanjung Benoa

Berkunjung ke Bali tidak lengkap rasanya jika belum ke Pulau Penyu Tanjung Benoa. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan bersama dengan keluarga, terutama sebagai edukasi untuk anak-anak.

Pemerintah Provinsi Bali sendiri membuat aturan untuk melindungi jenis satwa penyu. Tempat penangkaran penyu di Pulau Penyu. Selain itu, penangkaran penyu hijau ini juga ada di Pulau Serangan Bali.

Tempat penangkaran penyu yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan yaitu yang berlokasi di Tanjung Benoa. Selain itu, saat menuju ke Pulau Penyu para pengunjung akan diangkut menggunakan glass bottom boat alias perahu dengan alas kaca. Dengan begitu, pengunjung pun bisa menikmati keindahan biota bawah laut dari alas kaca pada perahu.

Pulau Penyu Bali
Glass bottom boat

Berbagai Macam Aktivitas di Pulau Penyu Tanjung Benoa Bali

Selama di penangkaran Penyu, Anda akan bersama oleh pemandu yang akan menemani selama berkeliling. Lalu apa saja sih yang bisa dilakukan selama berada di sini?

  1. Melihat Penyu Hijau
    • Daya tarik utama di Pulau Penyu adalah melihat langsung penyu hijau baik yang sudah dewasa ataupun yang masih kecil (tukik). Pengunjung juga diperbolehkan memegang dan berfoto dengan para penyu. Selain penyu hijau, juga terdapat penyu jenis lainnya yang terancam punah seperti penyu lekang, penyu sisik dan penyu pipih.
  2. Bertemu dengan Satwa Lainnya
    • Di Pulau penyu juga terdapat berbagai jenis hewan lainnya seperti ular, burung kakak tua, burung elang, monyet, kelelawar dan lainnya. Anda bisa memberi makan para hewan dengan makanan yang disediakan oleh pengelola. Anda pun bisa mengambil foto selfie dengan para hewan yang ada di sana.
  3. Memberi Wawasan dan Edukasi
    • Banyak informasi yang akan dibagikan oleh pemandu, di sinilah poin pentingnya untuk anak-anak agar belajar lebih banyak tentang penyu hijau. Oleh karena itu, wisata Pulau Penyu sangat cocok untuk anak-anak.
  4. Membeli Cenderamata Bertema Penyu
    • Di kawasan pulau penyu, Anda akan menemukan beberapa toko oleh-oleh yang menjual berbagai macam cenderamata dengan tema penyu. Cinderamata yang dimaksud meliputi gantungan kunci, topi, t-shirt dan lain sebagainya.

Cek: Tiket Bali Safari

Pulau Penyu Tanjung Benoa

Lokasi dan Harga Tiket Pulau Penyu Tanjung Benoa

Pulau penyu merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Tanjung Benoa Bali. Lokasinya hanya sekitar 15 hingga 20 menit dari meeting point Tanjung Benoa dengan transportasi perahu motor atau glass bottom boat.

Lalu dimana meeting point buat naik boat? Nama tempatnya Bali Dolphin watersport. Jika dari Bandara Ngurah Rai kira-kira jaraknya sekitar 15 km melewati Tol Bali Mandara atau sekitar 35 menit perjalanan naik mobil. Mudah kok menelusurinya, apalagi pakai Google Maps.

Sesampainya di tempat penangkaran penyu, Anda perlu membayar sejumlah uang untuk tiket masuknya. Tenang saja, karcis masuknya cukup terjangkau dan ramah di kantong, berikut ini di antaranya:

  • Tiket masuk wisatawan lokal : 10.000 untuk dewasa dan 5.000 untuk anak-anak
  • Tiket masuk wisatawan asing : 20.000 untuk dewasa dan 10.000 untuk anak-anak

Harga tersebut tidak termasuk harga sewa glass bottom boat yang digunakan untuk mengantar Anda dan rombongan ke Pulau Penyu. Saat tulisan ini dibuat, harga sewanya Rp500.000/boat (private memiliki kapasitas 10 orang). Silakan kontak kami di 081339-633454

Penangkaran Penyu Bali
Penangkaran Penyu

Aktivitas Seru Lainnya di Tanjung Benoa

Setelah puas mengunjungi pulau penyu dan kembali ke meeting point Tanjung Benoa, sayang sekali jika Anda langsung pulang. Selain menikmati hal-hal seru di tempat ini, Anda juga bisa sekaligus berwisata di pantai Tanjung Benoa. Ada banyak sekali wahana olahraga air yang bisa dicoba di tempat wisata ini. Selain itu, juga banyak hal menarik lainnya seperti di bawah ini, antara lain:

Mencoba Wahana Olahraga Air

Memang, Tanjung Benoa sangat terkenal dengan beragam wahana air yang tersedia, jadi Anda juga harus coba. Harganya juga bermacam-macam tergantung jenis wahana yang akan dicoba, mulai dari 70.000 sampai 550.000 rupiah. Wahana tersebut antara lain:

  • Banana Boat : perahu karet berbentuk pisang memanjang ke belakang yang dihubungkan dan ditarik dengan speed boat
  • Rolling Donut : perahu karet berbentuk bulat seperti donat yang dihubungkan dan ditarik dengan speed boat
  • Jet Ski : perahu motor yang bisa dikendarai seperti motor di jalan raya
  • Snorkeling : Aktivitas menyelam atau mengambang untuk melihat biota laut
  • Parasailing : terbang di udara dengan parasut yang ditarik dengan speed boat

Selain itu, masih banyak sekali permainan atau wahana air yang bisa Anda coba di sini seperti scuba diving, seawalker, wakeboard, flyboard, flying fish, dan waterski.

Cek: Harga Watersport Tanjung Benoa

Untuk booking dan tanya-tanya seputar aktifitas watersport diatas, silakan hubungi kami melalui WhatsApp: 081339-633454 / email: info@tanjungbenoa.co.id

Mengunjungi Perkampungan Nelayan

Sebelum dikelola menjadi tempat wisata pantai Tanjung Benoa, kawasan ini merupakan desa nelayan. Namun, saat ini banyak dari para nelayan mengubah mata pencaharian mereka di bidang pariwisata. Beberapa di antaranya bekerja sebagai pelayan hotel, membuat cafe/warung makan, pengelola persewaan alat snorkeling dan olahraga air lainnya.

Meski begitu, sejarah kawasan ini masih dilestarikan dengan baik, Anda bisa mengunjungi perkampungan nelayan yang ada di ujung utara semenanjung. Di perkampungan ini juga ada pasar tradisional yang menjual ikan-ikan segar hasil tangkapan nelayan dengan harga yang lebih terjangkau.

Menikmati Serunya Pasar Malam

Bagi Anda yang tertarik berkunjung ke Tanjung Benoa saat malam hari juga banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan. Anda bisa nongkrong di cafe atau warung yang tersedia di sekitar Jalan Pratama. Biasanya, tempat-tempat nongkrong ini menyuguhkan pertunjukan seni Bali. Anda juga bisa berburu kuliner dan mencicipi berbagai makanan khas dari Pulau Dewata.

Mengunjungi Situs Bersejarah

Selain pulau penyu, ternyata ada spot wisata lainnya yang juga bisa dijadikan sebagai wisata edukasi bagi anak-anak maupun orang dewasa. Anda bisa berkunjung ke wisata bersejarah yang kental dengan budaya Bali yaitu Pura Dalem Ning dan Klenteng Caow Eng Bio. Arsitektur pura sangat indah dan eksotis, Anda juga bisa melihat pemandangan laut dari lokasi ini.

Klenteng Tanjung benoa
Klenteng dan Pura

Itulah berbagai macam aktivitas yang bisa dilakukan di pulau penyu sebagai wisata edukasi yang cocok untuk liburan anak. Dengan aktivitas seru tersebut, anak-anak akan memiliki momen seru dan menyenangkan sekaligus menambah wawasan mereka tentang binatang laut.

Hal Yang Sering ditanyakan kepada kami

Berikut beberapa hal yang paling sering ditanyakan kepada kami mengenai tempat penangkaran Penyu di Tanjung Benoa Bali.

Berapa harga tiket Pulau Penyu Bali?

Perlu kami jelaskan sedikit, untuk berkunjung ke pulau penyu ada 2x biaya yang mesti dikeluarkan yaitu sewa boat dan karcis masuk. Untuk harga sewa boat Rp500.000/boat (private dengan kapasitas 10 orang). Sedangkan saat on the spot, kena karcis masuk Rp10.000/orang. Mau booking, silakan kontak kami by WA ya 081339-633454

Berapa harga tiket masuk Pulau Penyu Tanjung Benoa?

Harga tiket masuknya:
Tamu domestik: Rp10.000/orang dewasa dan Rp5.000/orang anak
Tamu asing: Rp20.000/orang dewasa dan Rp10.000/orang anak

Apakah sama harga sewa boat untuk 2 orang atau 10 orang?

Iya betul. Harga tetap sama karena dikenakan per boat bukan per orang. Nah, 1 boat sifatnya private. Jadi tidak dicampur sama orang lain. Boat memiliki kapasitas maksimal 10 orang. Artinya apa? Jika jumlah orang 1 – 10 orang, harga tetap sama.

Apakah boleh pakai mobil ke tempat penangkaran Penyu Tanjung Benoa?

Maaf tidak boleh. Satu-satunya cara hanya melalui laut dengan cara naik boat. Namun untuk menuju meeting point naik boat, bisa menggunakan transport darat seperti mobil/motor.

Berapa durasinya?

Naik boat saja sekitar 30 menit pulang pergi
di penangkaran penyu sekitar 30-45 menit

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 4.9 / 5. Vote count: 453

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

oleh Tanjung Benoa
Tanjung Benoa merupakan pusat wisata bahari di Bali. Pemesanan voucher watersport Tanjung Benoa, silakan hub. 081236010169 / 081339633454

Tinggalkan komentar

2 pemikiran pada “Wisata Edukasi Seru di Pulau Penyu Tanjung Benoa”

  1. mnf29s

    Balas
  2. ha1kkr

    Balas